Alat Musik Tradisional Jawa Barat


Bandung, kota ini berada di sebuah area yang pada jaman dahulu disebut dengan Tatar Sunda, sebuah area yang memiliki harta karun terpendam bernama sejarah dan kebudayaan, dan kental sekali terlihat di beberapa daerah di Jawa Barat, tempat bermukim para suku asli Sunda, seperti Baduy, warga Kampung Naga dan warga Ciptagelar.
Salah satu dari sekian banyak jenis alat musik tradisional Jawa Barat, adalah instrumen alat musik berbahan dasar bambu. Namun sayangnya, banyak masyarakat Jabar sendiri tidak tahu potensi dari bambu. Banyak orang Sunda yang tidak mempedulikan musik daerah sendiri, padahal Jabar menyimpan banyak potensi.

Ada berbagai macam alat musik tradisoional Sunda yang terbuat dari bambu, ada pula tari-tarian dan berbagai kuliner khas Indonesia yang semuanya menggunakan bambu. Hampir seluruh daerah di Indonesia beberapa alat music tradisionalnya yang menggunakan bambu.
Begitu juga daerah Jawa Barat (Sunda).

Alat Musik Pukul 

Kendang
Kendang sunda atau dalam bahasa indonesia gendang merupakan alat salahsatu alat musik tradisional yang berkategori perkusi. Jika kita mengenal kendang jawa atau kendang lainnya biasanya hanya satu alat. Kendang sunda terdiri dari 3 kendang yaitu satu kendang yang berukuran besar dan 2 lainnya berukuran kecil atau disebut kulantir. Dalam permainannya, seperangkat kendang tersebut ada yang di ikat dengan tali yang terbuat dari kulit sapi,kambing, atau kerbau. Sehingga dalam memainkanya pun kendang tidak akan berpindah-pindah.
  


Kulanter
bentuk dan bahannya seperti kendang, hanya ukurannya yang lebih kecil. fungsinya sebagai pengiring kendang tadi.
 


Gong
terbuat dari tembaga yang dicat keemasan. pada penggunaannya digantungkan dan di ikat pada tiang kayu. pada pembuataannya gong belum memiliki nada, untuk mencari nada yang pas, gong akan dikerok dan dihaluskan sampai tipis hingga ditemukan nada yang pas.
 


Jengglong
menyerupai gong, hanya ukurannya lebih kecil dan suaranya lebih ringan. umumnya terdiri dari 5 gong yang digantung dalam satu kayu.
 


Bonang
Ini adalah koleksi gong kecil (kadang-kadang disebut “ceret” atau “pot”) ditempatkan secara horizontal ke string dalam bingkai kayu (rancak), baik satu atau dua baris lebar. Semua ceret memiliki bos pusat, tetapi di sekelilingnya yang bernada rendah memiliki kepala datar, sedangkan yang lebih tinggi memiliki melengkung satu. Masing-masing sesuai untuk lapangan tertentu dalam skala yang sesuai; sehingga ada yang berbeda untuk bonang pelog dan slendro . Mereka biasanya memukul dengan tongkat berlapis (tabuh). Hal ini mirip dengan gong memeluk lain di gamelan itu, kethuk , kempyang , dan kenong . Bonang dapat ditempa terbuat dari perunggu , dilas dan dingin-dipalu besi , atau kombinasi dari logam.
ada 3 macam bonang :
1.Bonang panerus adalah yang tertinggi dari mereka, dan menggunakan ketel terkecil. Pada umumnya mencakup dua oktaf (kadang-kadang lebih dalam slendro di Solo instrumen-gaya), seluas sekitar kisaran yang sama dengan saron dan peking gabungan. Ia memainkan irama tercepat bonang itu, saling layu dengan atau bermain di dua kali kecepatan dari bonang barung.
2.Bonang barung yang bernada satu oktaf di bawah bonang panerus, dan juga secara umum mencakup dua oktaf, kira-kira kelas yang sama dengan demung dan saron gabungan. Ini adalah salah satu instrumen yang paling penting dalam ansambel tersebut, karena banyak memberikan isyarat untuk pemain lain dalam gamelan.
3.Bonang Panembung adalah nada terendah. Hal ini lebih umum di Yogyakarta gamelan gaya, seluas sekitar kisaran yang sama dengan slenthem dan demung gabungan. Ketika hadir dalam gaya gamelan Solo, mungkin hanya memiliki satu baris dari enam (slendro) atau tujuh ceret terdengar dalam daftar yang sama dengan slenthem. Hal ini dicadangkan untuk repertoire yang paling keras, biasanya memainkan bentuk lain dari balungan .

 


Alat Musik Tiup

Suling
siapa yang tak tahu suling,,, seua pasti tahu. terbuuat dari bambu yang dilubangi. terdiri dari 4 atau lubang. berfungsi sebagai melodi.
 


Alat Musik Gesek

Rebab
rebab terdiri dari dawai yang digesek. dimainkan dengan cara digesek dan sambil duduk. bentuknya seperti tiang perahu atau busur panah. fungsina sebagai melodi
 


Tarawangsa 
seperti rebab hanya beda bentuk di bagian dasarnya, bila rebab bentuk seperti hati, tarawangsa berbentuk persegi panjang. fugsinya saja, hanya saja lebih sering digunakan sebagai pengiring di pencak silat.
 



Alat Musik Getar

Angklung
terbuat dari bambu dan dibentuk sedemkian rupa hingga menimbulkan suara yang khas. cara membunyikannya dengan cara digetarkan. masing2 mempunyai nada yang berbeda2 sesuai ukurannya.
 


Karinding
biasanya terbuat dari bambu atau pohon aren yang dibentuk sedemikian rupa, disimpan di ulut lalu digetar2kan dengan tangan. biasanya dipakai di acara2 adat
 


Alat Musik Petik

Kecapi
terbuat dari kotak berongga yang diberi tali2 senar dengan berbagai panjang. menyerupai gitar, dipakai dengan cara dipetik.
 

Alat Musik Tradisional Jawa Barat 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share 'Alat Musik Tradisional Jawa Barat ' On ...

Ditulis oleh: Killer Flash - Kamis, 13 Desember 2012

Belum ada komentar untuk "Alat Musik Tradisional Jawa Barat "

Poskan Komentar